-->

Pengertian balanced scorecard dan manfaatnya

Pengertian balanced scorecard dan manfaatnya

Dalam mengembangkan strategi kompetitif suatu perusahaan, terdapat banyak faktor yang harus dipertimbangkan. Hal ini meliputi aspek internal perusahaan seperti visi dan misi, serta sumber daya manusia yang dimiliki. Selain itu, faktor eksternal seperti perilaku konsumen dan tren pasar juga harus diperhitungkan.

Untuk mengelola strategi perusahaan dengan efektif, diperlukan sistem manajemen yang handal yang dapat mengintegrasikan semua aspek yang terkait. Salah satu solusi yang dapat digunakan untuk tujuan ini adalah menggunakan balanced scorecard.

Balanced scorecard merupakan sistem manajemen yang bertujuan untuk mengartikulasikan tujuan strategis suatu organisasi menjadi serangkaian tujuan kinerja yang dapat diukur, dipantau, dan disesuaikan sesuai kebutuhan untuk memastikan pencapaian tujuan strategis organisasi.

Pengertian balanced scorecard

Balanced Scorecard adalah suatu alat yang digunakan untuk mengawasi keputusan strategis perusahaan dengan mengacu pada indikator yang telah ditetapkan sebelumnya. Alat ini mengintegrasikan setidaknya empat aspek yaitu keuangan, pelanggan, proses internal, dan pembelajaran & pertumbuhan.

Salah satu hal penting dari balanced scorecard adalah perluasan evaluasi kinerja organisasi yang tidak hanya terfokus pada aspek keuangan saja.

Manfaat balanced scorecard

perusahaan dapat merencanakan strategi secara lebih terstruktur dan efektif

Dengan menggunakan balanced scorecard, perusahaan dapat merencanakan strategi secara lebih terstruktur dan efektif. Dengan bantuan kerangka kerja ini, perusahaan dapat memvisualisasikan model bisnis mereka dalam bentuk peta strategi yang membantu manajer untuk memahami hubungan sebab-akibat antara tujuan strategis yang berbeda. Dengan demikian, perusahaan dapat lebih mudah merancang strategi yang lebih baik dan dapat dikomunikasikan dengan lebih efektif.

Membuat peta strategi membantu perusahaan untuk mencapai keberhasilan dengan cara menetapkan serangkaian tujuan strategis yang saling terkait. Dengan demikian, evaluasi kinerja dan faktor-faktor pendukung kinerja diidentifikasi untuk memberikan gambaran menyeluruh tentang strategi perusahaan.

membantu meningkatkan komunikasi strategi dan memastikan eksekusi strategi yang tepat

Balanced scorecard membantu meningkatkan komunikasi strategi dan memastikan eksekusi strategi yang tepat. Dengan menyediakan gambaran yang terintegrasi tentang strategi perusahaan, perusahaan dapat memperbaiki komunikasi internal dan eksternal tentang strategi mereka. Selain itu, dengan menggunakan balanced scorecard, setiap divisi dalam perusahaan diharapkan untuk bekerja sama untuk mencapai tujuan organisasi yang akan mempengaruhi kinerja perusahaan secara keseluruhan dan membuat sistem kinerja yang lebih transparan dan dinamis.

memudahkan karyawan untuk memahami tujuan individu berhubungan dengan tujuan strategis perusahaan

Balanced scorecard dapat memudahkan setiap karyawan untuk memahami bagaimana tujuan individu mereka berhubungan dengan tujuan strategis perusahaan. Dalam kerangka kerja yang terstruktur, setiap karyawan dapat mengetahui cara menyelaraskan tujuan mereka dengan tujuan perusahaan dan bekerja secara mandiri untuk memajukan tim dan organisasi.

memastikan bahwa strategi mereka tetap berjalan sesuai rencana

Balanced scorecard dapat membantu perusahaan untuk memastikan bahwa strategi mereka tetap berjalan sesuai rencana. Ini dilakukan melalui pemantauan dan pengukuran kemajuan terhadap tujuan strategis yang telah ditetapkan. Dengan demikian, perusahaan dapat segera mengambil tindakan yang diperlukan jika ada ketidaksesuaian antara kinerja aktual dan target yang ditetapkan.